Kitab Referensi

SIRAH NABAWIAH - SEJARAH LENGKAP KEHIDUPAN RASULULLAH صلي الله عليه وسلم

Ibnu Ishaq berkata: Kemudian Qushay bin Kilab melamar Hubba kepada bapaknya, Hulail bin Habasyiyah. Hulail sangat tertarik kepada Qushay, kemudian ia menikahkan putrinya dengan Qushay bin Kilab. Dari hasil pernikahan Qushay bin Kilab dengan Hubba, lahirlah Abduddar, Abdu Manaf, Abdul Uzza, dan Abdu. Saat anak-anak Qushay bin Kilab menyebar ke berbagai kawasan, hartanya semakin banyak, kehormatannya semakin menanjak naik Hulail meninggal dunia.

Qushay memandang bahwa dirinya paling berhak untuk mengelola Ka'bah dan menjadi penguasa Mekkah daripada Khuza'ah dan Bani Bakr. Sesungguhnya orang-orang Quraisy adalah keturunan Ismail bin Ibrahim yang paling baik, dan anak keturunannya yang paling jelas. Kemudian ia melobi tokoh-tokoh Quraisy dan Kinanah, dan memprovokasi mereka untuk mengusir Khuza'ah dan Bani Bakr dari Mekkah. Tokoh-tokoh Quraisy dan Kinanah merespon positif seruannya. Sebelum itu, Rabi ah bin Haram dari 'Udzrah bin Sa'ad bin Zaid telah tiba di Mekkah setelah wafatnya Kilab ke-mudian menikah dengan Fathimah binti Sa'ad bin Sayal. Ketika itu, Zuhrah telah menginjak dewasa, sedang Qushay bin Kilab baru baru saja disapih. Rabi'ah membawa serta Fathimah ke negerinya dan Fathimah membawa Qushay ikut bersamanya, adapun Zuhrah tetap tinggal di Mekkah. Fathimah melahiran Rizah dari hasil pernikahannya dengan Rabi'ah. Ketika Qushay telah menginjak dewasa, ia pergi menuju Mekkah dan menetap di sana. Ketika ajakannya direspon positif oleh kaumnya, ia menulis surat kepada saudara yang seibu dengannya yakni Rizah bin Rabi'ah. Ia mengajaknya untuk membantu dirinya, dan ikut berjuang bersamanya. Rizah bin Rabi'ah berangkat dengan diikuti saudara-saudaranya antara lain Hunn bin Rabi'ah, Mahmud bin Rabi'ah, dan Julhumah bin Rabi'ah — mereka ini beda ibu— serta orang-orang yang ikut haji bersama mereka dari Qudha'ah. Mereka sepakat untuk membantu Qushay bin Kilab. Orang-orang Khuza'ah mengira bahwa Hulail bin Habasyiyah telah menyuruh Qushay bin Kilab untuk bertindak demikian, dan meme- rintahkannya seperti itu ketika anak-anaknya telah menyebar ke mana-mana, serta berkata kepadanya: "Engkau lebih pantas mengelola Ka'bah, dan mengurus Mekkah daripada Khuza'ah." Ketika itulah Qushay bin Kilab mengajukan tuntutannya, dan kita tidak mendengar hal tersebut dari orang-orang selain mereka, wallahu a'lam, dimana yang paling benar.

Waktu Shalat
UPDATE TERBARU
Donasi & Infaq - Shadaqah

a.n. MULYATI
No. Rek : [147] 8010104978

a.n. IRWAN SUPRIATNA
No. Rek : [008] 152-00-0926962-8

Your Donation Give us Support
Comment
  • [Ismail - 2020-10-15 19:02:01] بارك الله فيكم
  • [Irwan Supriatna - 2018-12-27 18:21:32] Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah yang telah menggerakkan hati hamba-Nya sehingga web ini kembali aktif. Shalawat dan Salam semoga tercurah buat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarga dan para sahabatnya