Kitab Referensi

SIRAH NABAWIAH - SEJARAH LENGKAP KEHIDUPAN RASULULLAH صلي الله عليه وسلم

Ibnu Ishaq berkata: Ibnu Syihab Az-Zuhri bercerita kepadaku bahwa Al-Asy'ats bin Qais datang menemui Rasulullah bersama utusan Kindah yang berjumlah delapan puluh orang dengan rambut rapi tersisir, bercelak, dan mengenakan jubah dari habrah, buatan Yaman, yang pada setiap ujungnya diberi kain sutra. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam saat itu berada di masjid. Tatkala mereka telah masuk, Rasulullah bersabda: "Bukankah kalian telah masuk Islam?" Mereka menjawab: "Ya." Rasulullah bersabda: " Lalu bagaimana dengan kain sutera yang ada melengkar di leher kalian?" Maka mereka merobek-robek kain sutra tersebut, lalu mencampakkannya. Al-Asy'ats bin Qais berkata kepada Rasulullah: "Wahai Rasulullah, kami adalah Bani Akil Al-Murar dan juga engkau Bani Akil Al- Murar." Rasulullah tersenyum, kemudian bersabda: "Nasabkan nasab itu kepada Al-Abbas bin Abdul Muthalib dan Rabiah Al-Harits." Al-Abbas bin Abdul Muthalib dan Rabi'ah bin Al-Harits adalah dua lelaki pedagang. Jika mereka berdua berjalan jauh di sebagian orang-orang Arab, kemudian mereka berdua ditanya: "Kalian berdua berasal dari mana?" Keduanya menjawab: "Kami berasal dari Bani Akil Al-Murar." Keduanya berbangga dengan nasab ini, karena tatkala itu orang-orang Kindah adalah raja. Rasulullah bersabda kepada utusan Kindah: "Tidak, kami adalah Bani An-Nadhr bin Kinanah. Kita tidak bernasab kepada ibu kami dan tidak menolak ayah kami. Al-Asy'ats bin Qais berkata: "Wahai orang- orang Kindah, apakah kalian dengar itu? Demi Allah, tidaklah aku mendengar seseorang berkata seperti itu setelah ini, kecuali aku akan segera menghajarnya delapan puluh kali."

Ibnu Hisyam berkata: Al-Asy'ats bin Qais adalah anak keturunan Akil Al-Murar dari jalur nasab wanita. Akil Al-Murar ialah Al-Harits bin Amr bin Hujr bin Amr bin Muawiyah bin Al-Harits bin Muawiyah bin Tsaur bin Muratta’ bin Muawiyah bin Kindi –ada yang menuturkan Kindah.

Waktu Shalat
UPDATE TERBARU
Donasi & Infaq - Shadaqah

a.n. MULYATI
No. Rek : [147] 8010104978

a.n. IRWAN SUPRIATNA
No. Rek : [008] 152-00-0926962-8

Your Donation Give us Support
Comment
  • [Ismail - 2020-10-15 19:02:01] بارك الله فيكم
  • [Irwan Supriatna - 2018-12-27 18:21:32] Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah yang telah menggerakkan hati hamba-Nya sehingga web ini kembali aktif. Shalawat dan Salam semoga tercurah buat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarga dan para sahabatnya