Kitab Referensi

Ushul Fi Tafsir - Asy Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin

Mukaddimah

Segala puji bagi Allah , kami memuji dan memohon pertolongan-Nya, kami minta ampun dan bertaubat kepada-Nya dan kami memohon perlindungan kepada Allah dari segala keburukan diri kami dan keburukan perbuatan kami. Barangsiapa diberi hidayah oleh Allah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa disesatkan oleh Allah, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Rasulullah, para shahabat dan para pengikut setia beliau.

Amma ba’du:

Sesungguhnya hal terpenting dalam mempelajari setiap jenis ilmu adalah hendaknya seseorang mempelajari ilmu itu dari ushulnya, yakni hal-hal yang pokok dan mendasardari ilmu ini hal ini akan dapat membantunya dalam memahami dan mentakhrij (elaborasi hukum) dari ilmu itu secara benar berdasarkan ushul tersebut, sehingga ilmu yang didapat dibangun atas landasan yang kuat dan sandaran yang kokoh serta mantap. Dalam suatu kaedah dikatakan: "Barangsiapa yang meninggalkan ushul, ia tak akan sampai pada tujuan."

Di antara ilmu yang paling agung dan mulia adalah ilmu tafsir, karena ilmu ini merupakan penjelas makna-makna kalamullah. Para ulama telah meletakkan kaedah-kaedah dasar dalam ilmu tafsir sebagaimana mereka telah melakukannya dalam ilmu hadits dan juga ilmu fikih.

Saya telah menulis tentang ilmu tafsir, sebagai buku pegangan para pelajar atau mahasiswa di kampus Universitas Al-lmam Muhammad bin Sa'ud Al-lslamiyah. Kemudian, ada sebagian orang yang meminta kepada saya agar menulis risalah ini secara terpisah dalam sebuah buku sehingga lebih mudah disaji dengan bahasan yang lebih lengkap, maka akupun mengabulkan permintaan itu.

Aku memohon kepada Allah Ta'ala semoga memberikan kemanfaatan atas risalahku ini.

Secara ringkas isi buku ini adalah sebagai berikut:

AL-QUR'AN AL-KARIM

  1. Kapan permulaan Al-Qur'an turun kepada Nabi Muhammaddan siapa malaikat yang membawa wahyu kepada beliau.
  2. Ayat Al-Qur'an yang pertama kali diturunkan.
  3. Turunnya ayat Al-Qur'an ada dua macam; sababi dan ibtida'i.
  4. Ayat-ayat Al-Qur'an ada yang Makkiyyah dan Madaniyyah, penjelasan tentang hikmah diturunkannya Al-Qur'an secara berangsur-angsur dan urutan-urutan huruf, ayat dan surat dalam Al-Qur'an.
  5. Penulisan Al-Qur'an dan pemeliharaannya pada masa Nabi
  6. Pengumpulan Al-Qur'an pada masa Abu Bakar dan Utsman .

TAFSIR

  1. Makna tafsir secara bahasa dan istilah, penjelasan tentang hukum dan manfaat ilmu tafsir.
  2. Kewajiban bagi seorang muslim dalam menafsirkan Al-Qur'an.
  3. Sumber rujukan dalam menafsirkan Al-Qur'an adalah sebagai berikut:
    1. Kalamullah, yaitu berfungsi sebagai penafsir Al-Qur'an dengan Al-Qur'an.
    2. Sunnah Rasulullah , karena beliau adalah pembawa risalah dari Allah Ta'ala dan orang yang paling-mengetahui makna dan maksud dari firman Allah yang tersebut didalam kitab-Nya.
    3. Perkataan sahabat , terutama dari kalangan mereka yang menguasai tafsir, karena Al-Qur'an turun dengan bahasa mereka dan turun pada masa mereka pula.
    4. Perkataan para pemuka tabi'in yang selalu konsisten merujuk kepada tafsir para sahabat .
    5. Pemaknaan kalimat dari tinjauan syar'i atau lughawi (bahasa) sesuai dengan kesesuaian makna dalam kalimat. Jika makna syar'i dan makna lughawi berbeda maka yang diambil adalah makna syar'i, kecuali ada dalil yang lebih menguatkan makna lughawi.
  4. Jenis-jenis ikhtilaf (perbedaan) yang terdapat dalam tafsir yang ma'tsur.
  5. Penerjemahan Al-Qur'an, meliputi definisi pembagian dan hukumnya.

Biografi singkat lima ulama terkenal dalam bidang tafsir yaitu tiga dari golongan sahabat dan dua dari golongan tabi'in.

Pembagian Al-Qur'an ditinjau dari sisi muhkamat dan mutasyabihat:

  1. Sikap orang-orang yang kokoh ilmunya dan sikap orang-orang yang condong pada kesesatan terhadap ayat-ayat mutasyabihat.
  2. Ayat-ayat mutasyabihat ada dua macam; hakiki dan nisbi.
  3. Hikmah dibalik ayat muhkamat dan mutasyabihat dalam Al-Qur'an.

Anggapan adanya ta'aarudh (pertentangan) dalam ayat-ayat Al-Qur'an, serta jawaban dan contohnya.

Sumpah:definisi, perangkat sumpah danfaedahnya.

Kisah-kisah: definisi, tujuan, hikmah dibalik pengulangan kisah, panjang pendeknya kisah serta penggunaan uslub dalam kisah.

Kisah-kisah Israiliyyat yang disisipkan didalam penafsir Al-Qur'an dan sikap ulama terhadapnya.

Dhamir (kata ganti): definisi, sumber rujukan, isim zhahir menempati posisi isim dhamir dan faedahnya, Pengalihan dhamir dan faedahnya, dhamir terpisah dan faedahnya.

Waktu Shalat
Donasi & Infaq - Shadaqah

a.n. MULYATI
No. Rek : [147] 8010104978

a.n. IRWAN SUPRIATNA
No. Rek : [008] 152-00-0926962-8

Your Donation Give us Support
Comment
  • [Irwan Supriatna - 2018-12-27 18:21:32] Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah yang telah menggerakkan hati hamba-Nya sehingga web ini kembali aktif. Shalawat dan Salam semoga tercurah buat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarga dan para sahabatnya