Kitab Referensi

85% of Qur'anic Words (Corrected and updated version of “80% of Qur'anic Words") Classified word lists for ease of memorization

PENGANTAR

Segala puji kepada Allah, dan semoga shalawat dan salam senantiasa terlimpah kepada Nabi Muhammad . Allah berfirman pada kitab Nya, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran. [38:29].” Apabila kita tibak memahami (arti) kitab-Nya, bagaimana kita dapat memperhatikan ayat-ayat di dalamnya!

Hadits juga menganjurkan untuk belajar Qur’an. Nabi Muhammad bersabda, "Yang terbaik di antara kalian adalah yang belajar Qur’an dan mengajarkannya." [Bukhari].

Merupakan rahmat dari Allah dimana hampir 15 tahun yang lalu saya telah menyiapkan booklet "80% of the Qur'anic Words" guna membantu dalam memenuhi tujuan yang telah disebutkan di atas. Alhamdulillah, booklet ini disambut dengan hangat. Booklet ini telah diterjemahkan ke dalam 15 bahasa. Perangkat lunak serta berbagai blog telah dibuat dan disusun berdasarkan booklet ini. Data Al-Qur'an digital sekarang tersedia secara meluas di internet, khususnya di corpus.quran.com dan tanzil.net. Mengingat hali ini, daftar kata kembali diperiksa, direvisi, diperbaharui dan lebih banyak kata yang ditambahkan dalam versi booklet ini. Pastikan untuk memliki booklet "Selected Verbs of the Qur'an" bersama dengan booklet ini (disebutkan pada poin 13 di bawah) untuk set yang lebih lengkap.

Alhamdulillah booklet ini diperuntukkan sebagai titik awal dari berbagai kursus yang telah kami kembangkan, dan sekarang telah diimplementasikan di hampir 400 sekolah. Anda dapat menemukan semua kursus ini di situs web kami www.understandquran.co.in.

Perhatikanlah poin-poin berikut selama mempelajari booklet ini.

  1. Jumlah kata dan artinya: Kata-kata yang terdapat pada booklet ini mencapai 85.2% (65.949) dari total kata (sekitar 77.430) dalam Qur’an.
  2. Arti yang paling umum: Untuk setiap kata, hanya arti yang paling umum yang diberikan. Beberapa kata mungkin juga memiliki arti lain, tergantung konteks. Namun jumlah kata-kata tersebut sangat kecil.
  3. Lebih dari satu arti: Untuk: kata yang memiliki arti lebih dari satu dan sangat jelas perbedaannya, tanda ‘titik koma' (;) dipergunakan sebagai pembatas. Untuk arti yang mirip, tanda ‘koma' (,) dipuergunakan sebagai pembatas. Contoh: (mata; sumber mata air عَين) dan (di atas, ke atas عَلَى).
  4. Kata yang paling sering muncul: Kata-kata yang terdapat pada 6 halaman awal muncul sangat sering. Sebagian diantaranya muncul sebagai kombinasi satu dengan yang lain. Jumlah keseluruhannya mencapai 41.1% (31.852) dari total kata.
  5. Perhitungan kata pada setiap halaman: Pada bagian kiri bawah halaman, terdapat total jumlah kemunculan kata pada halaman tersebut di Qur’an. Bagian kanan bawah menunjukkan total persentase kata Qur’an yang sudah tercakup hingga halaman tersebut.
  6. Kata benda dan kata kerja: Angka yang terdapat di samping kata benda (halaman 7-14) atau kata kerja (halaman 15-33) menunjukkan jumlah kemunculan kata tersebut (dalam berbagai variasi bentuknya) di dalam Qur’an.
  7. Sasunan daftar kata: Kata-kata pada halaman 1-14 disusun berdasarkan topik. Terdapat beberapa kata yang muncul sangat sering di dalam Qur’an, tetapi tidak dapat diletakkan pada topik yang ada. Kata-kata tersebut dilekakkan pada akhit bagian dari daftar kata (manapun) yang memiliki ruang kosong.
  8. Susunan kata keria: Kata kerja pada halaman 22-33 disusun berdesarkan jenisnya. Hal ini untuk membantu pembelajaran jenis kata kerja yang berbeda-beda.
  9. Tanda baca vokal pada huruf terakhir: Jika pada huruf terakhir dari sebuah kata tidak terdapat tanda baca vokal (ًٌٍَُِ), hal ini mengindikasikan bahwa tanda apapun dapat dipergunakan tergantung pada konteks kata tersebut dipergunakan. Jika (الْ muncul sebelum sebuah kata, maka tanwin ((ًٌٍ) tidak dipergunakan.
  10. Susunan kata: Pada hampir setiap kasus, kata-kata disusun berdasarkan abjad untuk: mempermudah pencarian.
  11. Konjugasi ringkas kata keria: Untuk setiap kata kerja: waktu lampau, kalimat kejadian (imperfect tense), perintah active participle dan kata benda jadian dari kata kerja disediakan. Hal ini berdasarkan asumsi bahwa berdasarkan informasi tersebut, anda dapat mengembangkannya pada seluruh tabel kata kerja: Akan tetapi, untek rata-rata pelajar, bimbingan dari guru tetapi dipetluaan. Contoh tabel terdapat: pada bagian akhir booklet.
  12. Aktif dan pasif: Untuk hampir setiap jenis kata kerja, contoh bentuk معروف( kalimat aktif) terdapat pada baris pertama, dan Bentuk مجهول (kalimat pasif) pada bagian akhir.
  13. Konjugasi rinci kata kerja: Tenda bintang (*) diletakkan pada beberapa kata kerja tertentu. Seluruh bentuk kata kerja dari kata kerja-kata kerja tersabut, secara rinci terdapat pada booklat terpisah, " Selected Varbs of the Qur'an."
  14. Silat-ul-fa’l: Sebagaimana bahasa-bahasa lain, sebagian kata kerja dan kata benda (of action) selalu diikuti oleh kata depan . Contoh, beriman kepada: آمَنَ بِ. Akan tetapi, pada beberapa kasus, perubahan pada kata depan dapat pula mengubah artinya. Contoh, get; get in; get at; get by, get off, get on, dst. Daftar beberapa kata kerja penting bersama perubahan kata depan terdapat pada halaman 34.
  15. Bentuk ganda dan perempuan:Bentuk kata dengan format bentuk garda dan bentuk perempuan sedikit dipergunakan pada Qur’an. Oleh karena itu bentuk-bentuk tersebut mungkin mendapat penekanan yang agak kuraag pada tahap awal.
  16. Referensi: Banyak buku dipergunakan sebagi eeferensi pada persiapan booklet ini. Yang paling penting adalah buku (بألفاظ القرآن الكريم ودرجة تكرارها قائمة معجمية) yang disediakan (prepared originally) di Arabic Language institute of King Saud University oleh Dr. Muhammad Hussain Abulfatooh dan diterbitkan oleh Maktaba Lebanon, Lebanon (1990).

Banyak pihak yang berkontribusi pada penyusunan dan review booklet ini. Semoga Allah membalas mereka semua. Saya berterima kasih kepada istri saya Tabinda Tahseen, dan anak-anak saya Sulaiman, Samah, dan Usamah terhadap kesabaran dan kerja sama mereka. Ucapan terima kasih terkhusus pada Dr. M.A. Mohiuddin dan juga pada Br. Tariq Aziz yang selalu siap dengan keahlian databasenya dalam membantu kami dalam tugas yang berbeda. Tim kami pada Akademi Understand Al-Qur'an, khususnya Aqamir Irshad Faizi, Kafeel Faizi, Obaidullah Nadwi, Furqan Falahi dan Sayeedurrahman Falahi yang membantu saya merevisi booklet ini.

Semoga Allah juga menjaga kami dari kesalahan dan mengampuni kami jika terdapat kesalahan pada booklet ini. Jika anda menemukan kesalahan mohon sampaikan kepada kami, sehingga dapat diperbaiki pada edisi selanjutnya. Semoge Allah membalas anda atas bantuan tersebut.

Abdulazeez Abdulraheem (Aug. 3, 2015)

Singkatan

mg : laki-laki

fg : perempuan

br.pl : broken plural

sg : singular (tunggal)

dl : dual (ganda)

pl : plural (jamak)

sb : somebody (seseorang)

st : something (sesuatu)

ss : somebody (seseorang) atau something (sesuatu)

VEL : triliteral Verbs with Extra Letters

Waktu Shalat
Donasi & Infaq - Shadaqah

a.n. MULYATI
No. Rek : [147] 8010104978

a.n. IRWAN SUPRIATNA
No. Rek : [008] 152-00-0926962-8

Your Donation Give us Support
Comment
  • [Irwan Supriatna - 2018-12-27 18:21:32] Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah yang telah menggerakkan hati hamba-Nya sehingga web ini kembali aktif. Shalawat dan Salam semoga tercurah buat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam beserta keluarga dan para sahabatnya