Isi Tafsir Al-Qur'an

At Takaatsur

ANCAMAN ALLAH TERHADAP ORANG YANG LALAI DAN BERMEGAH-MEGAHAN

أَلْهَىٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ

(1) "Bermegah-megahan telah melalaikan kalian,"1103

Saling berbangga dengan banyaknya harta dan anak-anak telah melenakan kalian dari ketaatan kepada Allah.


[1103] Yakni, bermegah-megahan dalam soal banyak anak, harta, pengikut, kemuliaan, dan sebagainya, telah melalaikan kalian dari ketaatan kepada Allah

حَتَّىٰ زُرْتُمُ ٱلْمَقَابِرَ

(2) "sampai kalian masuk ke dalam kubur."

Kesibukan kalian terus demikian hingga kalian dibawa ke kuburan dan dimakamkan di sana.

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ

(3) "Sekali-kali tidak! Kelak kalian akan mengetahui,"

Tidak sepatutnya kalian disibukkan oleh berlomba-lomba dalam urusan harta. Nanti kalian pasti akan sadar bahwa akhirat lebih baik bagi kalian.

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ

(4) "kemudian sekali-kali tidak! Kelak kalian akan mengetahui"

Kemudian waspadalah kalian, karena kalian akan mengetahui buruknya akibat dari kesibukan kalian yang melalaikan akhirat.

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ ٱلْيَقِينِ . لَتَرَوُنَّ ٱلْجَحِيمَ . ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ ٱلْيَقِينِ . ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ

(5-8) "Sekali-kali tidak! Sekiranya kalian mengetahui dengan ilmu yang yakin, niscaya kalian benar-benar akan melihat Neraka Jahim, kemudian kalian benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri, kemudian kalian benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu)"

Tidak sepatutnya kalian disibukkan oleh berlomba-lomba dalam urusan memperbanyak harta. Seandainya kalian mengetahui dengan sebenarnya, niscaya kalian tidak melakukan hal itu, dan niscaya kalian bersegera menyelamatkan diri kalian dari kebinasaan. Kalian akan melihat Neraka Jahim, kemudian kalian pasti melihatnya tanpa keraguan. Kemudian kalian akan ditanya pada Hari Kiamat tentang berbagai macam kenikmatan.