Isi Tafsir Al-Qur'an

An Naba'

HARI BERBANGKIT
Kekuasaan Allah Menciptakan Alam dan Nikmat-nikmat yang DiberikanNya Adalah Bukti Bagi KekuasaanNya Membangkitkan Manusia

عَمَّ يَتَسَآءَلُونَ . عَنِ ٱلنَّبَإِ ٱلْعَظِيمِ . ٱلَّذِى هُمْ فِيهِ مُخْتَلِفُونَ

(1-3) "Tentang apakah mereka saling bertanya-tanya? Tentang berita yang besar (hari berbangkit kembali), yang dalam hal itu mereka berselisih."

Tentang apa sebagian dari orang-orang kafir Quraisy bertanya kepada sebagian lainnya? Mereka saling bertanya tentang sebuah berita besar, yaitu al-Qur' an yang agung yang mengabarkan tentang kebangkitan yang diragukan, bahkan didustakan oleh orang-orang kafir.

كَلَّا سَيَعْلَمُونَ . ثُمَّ كَلَّا سَيَعْلَمُونَ

(4-5) "Tidak!1067 Kelak mereka akan mengetahui. Sekali lagi, tidak! Kelak mereka akan mengetahui."

Perkaranya tidak seperti yang diklaim oleh orang-orang musyrik itu. Mereka akan tahu akibat dari pendustaan mereka, mereka akan melihat apa yang akan Allah lakukan terhadap mereka pada Hari Kiamat, kemudian mereka akan meyakininya, meyakini kebenaran apa yang dibawa oleh Muhammad , yaitu al-Qur'an dan kabar kebangkitan. Ini adalah ancaman dan peringatan keras bagi mereka.


[1067] Ini adalah sanggahan terhadap perkataan orang-orang kafir Mekkah yang mengingkari hari kebangkitan kembali dan Hari Kiamat.

أَلَمْ نَجْعَلِ ٱلْأَرْضَ مِهَٰدًا

(6) "Bukankah Kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan,"

Bukankah Kami telah menjadikan bumi ini terhampar seperti kasur?

وَٱلْجِبَالَ أَوْتَادًا

(7) "dan gunung-gunung sebagai pasak?"

Dan menjadikan gunung-gunung berdiri kokoh agar bumi tidak berguncang?

وَخَلَقْنَٰكُمْ أَزْوَٰجًا

(8) "Dan Kami menciptakan kalian berpasang-pasangan "

Dan Kami menciptakan kalian berjenis-jenis, ada laki-laki dan ada perempuan?

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

(9) "dan Kami menjadikan tidur kalian untuk istirahat"

Kami menjadikan tidur kalian sebagai saat istirahat bagi badan kalian, padanya kalian merasa tenang dan diam?

وَجَعَلْنَا ٱلَّيْلَ لِبَاسًا

(10) "dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian,',1068

Kami menjadikan malam sebagai pakaian bagi kalian dengan kegelapannya, ia menutupi kalian sebagaimana pakaian menutupi pemakainya?


[1068] Malam disebut sebagai "pakaian", karena malam itu gelap menutupi alam, sebagaimana pakaian menutupi tubuh manusia.

وَجَعَلْنَا ٱلنَّهَارَ مَعَاشًا

(11) "dan Kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan,"

Kami menjadikan siang sebagai waktu mencari penghidupan, di mana padanya kalian menyebar dan beraktivitas demi kemaslahatan hidup kalian?

وَبَنَيْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعًا شِدَادًا

(12) "dan Kami membangun di atas kalian tujuh (langit) yang kokoh,"

Kami membangun di atas kalian tujuh langit yang kokoh dan kuat tidak ada celah dan tidak pecah?

وَجَعَلْنَا سِرَاجًا وَهَّاجًا

(13) "dan Kami menjadikan pelita yang terang benderang (matahari)"

Kami menjadikan matahari bersinar terang?

وَأَنزَلْنَا مِنَ ٱلْمُعْصِرَٰتِ مَآءً ثَجَّاجًا . لِّنُخْرِجَ بِهِۦ حَبًّا وَنَبَاتًا . وَجَنَّٰتٍ أَلْفَافًا

(14-16) "dan Kami turunkan dari awan, air hujan yang tercurah dengan hebatnya, untuk Kami tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tanam-tanaman, dan kebun-kebun yang rindang"

Kami menurunkan dari awan hujan yang tercurah dengan deras, agar Kami menumbuhkan dengannya apa yang dimakan oleh manusia dan apa yang dimakan oleh hewan-hewan, juga kebun-kebun yang subur, sebagian pohonnya berkait dengan sebagian lainnya.

Kehebatan Hari Berbangkit

إِنَّ يَوْمَ ٱلْفَصْلِ كَانَ مِيقَٰتًا . يَوْمَ يُنفَخُ فِى ٱلصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجًا

(17-18) "Sesungguhnya hari keputusan adalah suatu waktu yang telah ditetapkan, (yaitu) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, lalu kalian datang berbondong-bondong,"

Sesungguhnya hari penetapan keputusan di antara makhluk, yaitu Hari Kiamat, merupakan waktu yang telah ditentukan untuk orang-orang terdahulu dan orang-orang kemudian, hari yang pada saat itu malaikat meniup sangkakala sebagai tanda kebangkitan, kalian bangkit sebagai umat-umat, setiap umat bersama imamnya.

وَفُتِحَتِ ٱلسَّمَآءُ فَكَانَتْ أَبْوَٰبًا

(19) "dan langit pun dibukalah, maka terlihatlah pintu-pintu,"

Langit dibuka, ia memiliki pintu-pintu yang banyak untuk turun- I nya para malaikat.

وَسُيِّرَتِ ٱلْجِبَالُ فَكَانَتْ سَرَابًا

(20) "dan gunung-gunung pun dijalankan, sehingga menjadi fatamorgana "

Gunung-gunung yang kokoh dicabut sehingga menjadi seperti fatamorgana.

Balasan Terhadap Orang yang Durhaka

إِنَّ جَهَنَّمَ كَانَتْ مِرْصَادًا . لِّلطَّٰغِينَ مَـَٔابًا . لَّٰبِثِينَ فِيهَآ أَحْقَابًا . لَّا يَذُوقُونَ فِيهَا بَرْدًا وَلَا شَرَابًا . إِلَّا حَمِيمًا وَغَسَّاقًا . جَزَآءً وِفَاقًا

(21-26) "Sesungguhnya Neraka Jahanam itu (sebagai) tempat mengintai (bagi penjaga yang mengawasi isi neraka), menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas. Mereka tinggal di sana dalam masa yang lama, mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah, sebagai pembalasan yang setimpal"

Pada hari itu, Neraka Jahanam mengintai orang-orang kafir yang mana Neraka Jahanam itu memang disiapkan bagi mereka. Ia adalah tempat kembali bagi orang-orang kafir sebagai tempat kembali mereka, mereka tinggal di sana selama-lamanya, tidak berpenghabisan, mereka tidak diberi makan dengan sesuatu yang mendinginkan panasnya, tidak diberi minum yang menghilangkan dahaga mereka, kecuali air panas dan nanah penghuni neraka, mereka dibalas demikian sebagai balasan yang adil sesuai dengan amal-amal mereka yang mereka kerjakan di dunia.

إِنَّهُمْ كَانُواْ لَا يَرْجُونَ حِسَابًا . وَكَذَّبُواْ بِـَٔايَٰتِنَا كِذَّابًا . وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَٰهُ كِتَٰبًا . فَذُوقُواْ فَلَن نَّزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا

(27-30) "Sesungguhnya dahulu mereka tidak pernah mengharapkan perhitungan, dan mereka benar-benar mendustakan ayat-ayat Kami. Dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu kitab (buku catatan amalan manusia). Maka karena itu, rasakanlah! Karena tidak ada yang akan Kami tambahkan kepada kalian selain azab."

Sesungguhnya mereka tidak takut kepada hari perhitungan amal sehingga mereka tidak beramal untuknya, mereka mendustakan apa yang dibawa oleh para rasul kepada mereka. Kami mengetahui segala sesuatu dan mencatatnya di Lauhul Mahfuzh. Maka rasakanlah, wahai orang-orang kafir, balasan dari amal-amal kalian, Kami tidak menambah untuk kalian kecuali azab di atas azab.

Balasan Bagi Orang yang Bertakwa

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازًا . حَدَآئِقَ وَأَعْنَٰبًا . وَكَوَاعِبَ أَتْرَابًا . وَكَأْسًا دِهَاقًا . لَّا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا كِذَّٰبًا

(31-35) "Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapatkan kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah-buah anggur, dan gadis-gadis montok yang umurnya sebaya dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). Di sana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia maupun (perkataan) dusta."

Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhan mereka, dan meramal shalih mendapatkan keberuntungan dengan masuk surga. Mereka mendapatkan kebun-kebun besar dan buah anggur. Mereka mendapatkan istri-istri yang berusia muda, buah dada mereka montok, usia mereka sebaya, dan mereka punya gelas-gelas yang penuh dengan khamar, mereka tidak mendengar kata-kata batil di dalam surga, sebagian tidak dusta kepada sebagian lainnya.

جَزَآءً مِّن رَّبِّكَ عَطَآءً حِسَابًا . رَّبِّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ٱلرَّحْمَٰنِ ۖ لَا يَمْلِكُونَ مِنْهُ خِطَابًا

(36-37) "Sebagai balasan dan pemberian yang cukup banyak dari Tuhanmu. Tuhan (yang memelihara) langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, Yang Maha Pengasih, mereka tidak bisa (memulai) berbicara kepadaNya"

Perintah Agar Manusia Memilih Jalan Yang Benar Kepada Tuhannya

يَوْمَ يَقُومُ ٱلرُّوحُ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ صَفًّا ۖ لَّا يَتَكَلَّمُونَ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ ٱلرَّحْمَٰنُ وَقَالَ صَوَابًا . ذَٰلِكَ ٱلْيَوْمُ ٱلْحَقُّ ۖ فَمَن شَآءَ ٱتَّخَذَ إِلَىٰ رَبِّهِۦ مَـَٔابًا

(38-39) "Pada hari ketika ruh1029 dan para malaikat berdiri bershaf-shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin untuknya oleh Tuhan Yang Maha Pengasih dan dia hanya mengatakan yang benar. Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya."

Mereka mendapatkan semua itu sebagai balasan dan karunia dari Allah, serta sebagai pemberian yang besar dan mencukupi mereka, Tuhan langit dan bumi serta apa yang ada di antara keduanya, Tuhan Yang Maha Pengasih di dunia dan akhirat, mereka tidak punya kewenangan untuk bertanya kepadaNya kecuali dalam apa yang Dia izinkan. Hari itu Jibril dan para malaikat berdiri berbaris, mereka tidak memberi syafa'at kecuali bagi siapa yang Allah Yang Maha Pengasih izinkan untuknya dan dia hanya mengatakan yang benar dan lurus. Itu adalah hari yang haq yang tidak ada keraguan bahwa ia pasti terjadi. Maka barangsiapa ingin selamat dari ketakutan-ketakutannya, hendaknya dia mengambil jalan untuk menuju kepada Tuhannya dengan melakukan amal shalih.


[1069] Para para ulama tafsir mempunyai pendapat yang berbeda tentang maksud "ruh" dalam ayat ini. Ada yang mengatakan, "Jibril"; ada yang mengatakan, "tentara Allah"; dan ada pula yang mengatakan "roh manusia."

إِنَّآ أَنذَرْنَٰكُمْ عَذَابًا قَرِيبًا يَوْمَ يَنظُرُ ٱلْمَرْءُ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ وَيَقُولُ ٱلْكَافِرُ يَٰلَيْتَنِى كُنتُ تُرَٰبًۢا

(40) "Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepada kalian (orang-orang kafir) azab yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata, 'Aduhai! Seandainya dahulu aku menjadi tanah'."

Sesungguhnya Kami memperingatkan kalian dari azab di akhirat yang dekat yang pada saat itu setiap orang melihat apa yang dilakukan dan diusahakannya, amal baik atau amal buruk. Orang kafir berkata saat melihat beratnya hisab, "Seandainya dahulu aku menjadi tanah sehingga sekarang aku tidak dibangkitkan."