Isi Asbabun Nuzul Al-Qur'an

2. SURAH AL-BAQARAH
SURAH AL-BAQARAH AYAT 76

Ayat 76, yaitu firman Allah ta'ala

وَإِذَا لَقُواْ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قَالُوٓاْ ءَامَنَّا وَإِذَا خَلَا بَعۡضُهُمۡ إِلَىٰ بَعۡضٖ قَالُوٓاْ أَتُحَدِّثُونَهُم بِمَا فَتَحَ ٱللَّهُ عَلَيۡكُمۡ لِيُحَآجُّوكُم بِهِۦ عِندَ رَبِّكُمۡۚ أَفَلَا تَعۡقِلُونَ ٧٦

"Dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata,"'Kami telah beriman.' Tetapi apabila kembali kepada sesamanya, mereka bertanya,’Apakah akan kamu ceritakan kepada mereka apa yang telah diterangkan Allah kepadamu, sehingga mereka dapat menyanggah kamu di hadapan Tuhanmu? Tidakkah kamu mengerti?"' (al-Baqarah: 76)

Sebab Turunnya Ayat

Ibnu Jarir meriwayatkan dari Mujahid, dia berkata, "Ketika peperangan dengan Bani Quraizhah, Nabi saw. berdiri di bawah benteng mereka. Lalu beliau bersabda, 'Wahai para saudara kera! Wahai para saudara babi! Wahai hamba-hamba thaghut!' Mereka pun berkata, "Siapakah yang memberi tahu hal itu kepada Muhammad? Hal itu pasti berasal dari kalian. Apakah kalian menceritakan kepada mereka tentang apa yang telah diterangkan Allah kepada kalian supaya me¬reka dapat mengalahkan hujah kalian di hadapan Tuhan?'" Maka turunlah ayat di atas.

Ibnu Jarir meriwayatkan dari jalur Ikrimah dari Ibnu Abbas, dia berkata, "Dulu orang-orang Yahudi, jika bertemu dengan orang-orang yang beriman mereka berkata, 'Kami beriman bahwa teman kalian (Muhammad) adalah utusan Allah. Akan tetapi beliau diutus untuk kalian saja.' Apabila hanya antar mereka bertemu, mereka pun ber¬kata,"Apakah dia memberi tahu orang-orang Arab dengan hal ini?

Karena sesungguhnya kalian dulu minta bantuan kepadanya untuk mengalahkan mereka dan beliau dulu adalah bagian dari mereka." Lalu Allah menurunkan firman-Nya,

"Dan apabila mereka berjumpa...”

Ibnu Jarir meriwayatkan dari as-Suddi, dia berkata, "Ayat di atas turun kepada beberapa orang Yahudi yang beriman, kemudian mereka menjadi munafik. Lalu mereka mendatangi orang-orang muk¬min yang berasal dari kalangan Arab dan memberi tahu mereka dengan hukuman yang pernah menimpa golongan mereka. Maka dengan kesal sebagian mereka (orang-orang Yahudi itu) berkata kepada sebagian yang lain, 'Apakah kalian menceritakan kepada orang-orang mukmin tentang hukuman yang telah diterangkan Allah kepada kalian agar mereka berkata, 'Kami lebih dicintai dan lebih mulia di sisi Allah daripada kalian?!'"