Hasil Pencarian Index Al-Qur'an

Q.S. Ali Imran.25
فَكَيْفَ إِذَا جَمَعْنَٰهُمْ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيهِ وَوُفِّيَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
Bagaimanakah nanti apabila mereka Kami kumpulkan di hari (kiamat) yang tidak ada keraguan tentang adanya. Dan disempurnakan kepada tiap-tiap diri balasan apa yang diusahakannya sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan). (Q.S. 3.25)
Q.S. Ali Imran.26
قُلِ ٱللَّهُمَّ مَٰلِكَ ٱلْمُلْكِ تُؤْتِى ٱلْمُلْكَ مَن تَشَآءُ وَتَنزِعُ ٱلْمُلْكَ مِمَّن تَشَآءُ وَتُعِزُّ مَن تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَن تَشَآءُ ۖ بِيَدِكَ ٱلْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. 3.26)
Q.S. Ali Imran.27
تُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَتُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ ۖ وَتُخْرِجُ ٱلْحَىَّ مِنَ ٱلْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ ٱلْمَيِّتَ مِنَ ٱلْحَىِّ ۖ وَتَرْزُقُ مَن تَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)". (Q.S. 3.27)
Q.S. Ali Imran.28
لَّا يَتَّخِذِ ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلْكَٰفِرِينَ أَوْلِيَآءَ مِن دُونِ ٱلْمُؤْمِنِينَ ۖ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَلَيْسَ مِنَ ٱللَّهِ فِى شَىْءٍ إِلَّآ أَن تَتَّقُواْ مِنْهُمْ تُقَىٰةً ۗ وَيُحَذِّرُكُمُ ٱللَّهُ نَفْسَهُۥ ۗ وَإِلَى ٱللَّهِ ٱلْمَصِيرُ
Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali(mu). (Q.S. 3.28)
Q.S. Ali Imran.29
قُلْ إِن تُخْفُواْ مَا فِى صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ ٱللَّهُ ۗ وَيَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Katakanlah: "Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui". Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. 3.29)
Q.S. Ali Imran.30
يَوْمَ تَجِدُ كُلُّ نَفْسٍ مَّا عَمِلَتْ مِنْ خَيْرٍ مُّحْضَرًا وَمَا عَمِلَتْ مِن سُوٓءٍ تَوَدُّ لَوْ أَنَّ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُۥٓ أَمَدًۢا بَعِيدًا ۗ وَيُحَذِّرُكُمُ ٱللَّهُ نَفْسَهُۥ ۗ وَٱللَّهُ رَءُوفٌۢ بِٱلْعِبَادِ
Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya), begitu (juga) kejahatan yang telah dikerjakannya; ia ingin kalau kiranya antara ia dengan hari itu ada masa yang jauh; dan Allah memperingatkan kamu terhadap siksa-Nya. Dan Allah sangat Penyayang kepada hamba-hamba-Nya. (Q.S. 3.30)
Q.S. Ali Imran.161
وَمَا كَانَ لِنَبِىٍّ أَن يَغُلَّ ۚ وَمَن يَغْلُلْ يَأْتِ بِمَا غَلَّ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۚ ثُمَّ تُوَفَّىٰ كُلُّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
Tidak mungkin seorang nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu, kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya. (Q.S. 3.161)
Q.S. Ali Imran.162
أَفَمَنِ ٱتَّبَعَ رِضْوَٰنَ ٱللَّهِ كَمَنۢ بَآءَ بِسَخَطٍ مِّنَ ٱللَّهِ وَمَأْوَىٰهُ جَهَنَّمُ ۚ وَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ
Apakah orang yang mengikuti keridhaan Allah sama dengan orang yang kembali membawa kemurkaan (yang besar) dari Allah dan tempatnya adalah Jahannam? Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali. (Q.S. 3.162)
Q.S. Ali Imran.163
هُمْ دَرَجَٰتٌ عِندَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِمَا يَعْمَلُونَ
(Kedudukan) mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan. (Q.S. 3.163)
Q.S. Al An'am.132
وَلِكُلٍّ دَرَجَٰتٌ مِّمَّا عَمِلُواْ ۚ وَمَا رَبُّكَ بِغَٰفِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ
Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan. (Q.S. 6.132)
Q.S. Al A'raf.6
فَلَنَسْـَٔلَنَّ ٱلَّذِينَ أُرْسِلَ إِلَيْهِمْ وَلَنَسْـَٔلَنَّ ٱلْمُرْسَلِينَ
Maka sesungguhnya Kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus rasul-rasul kepada mereka dan sesungguhnya Kami akan menanyai (pula) rasul-rasul (Kami), (Q.S. 7.6)
Q.S. Al A'raf.7
فَلَنَقُصَّنَّ عَلَيْهِم بِعِلْمٍ ۖ وَمَا كُنَّا غَآئِبِينَ
maka sesungguhnya akan Kami kabarkan kepada mereka (apa-apa yang telah mereka perbuat), sedang (Kami) mengetahui (keadaan mereka), dan Kami sekali-kali tidak jauh (dari mereka). (Q.S. 7.7)
Q.S. Al A'raf.8
وَٱلْوَزْنُ يَوْمَئِذٍ ٱلْحَقُّ ۚ فَمَن ثَقُلَتْ مَوَٰزِينُهُۥ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ
Timbangan pada hari itu ialah kebenaran (keadilan), maka barangsiapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Q.S. 7.8)
Q.S. Al A'raf.9
وَمَنْ خَفَّتْ مَوَٰزِينُهُۥ فَأُوْلَٰٓئِكَ ٱلَّذِينَ خَسِرُوٓاْ أَنفُسَهُم بِمَا كَانُواْ بِـَٔايَٰتِنَا يَظْلِمُونَ
Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat Kami. (Q.S. 7.9)
Q.S. Yunus.52
ثُمَّ قِيلَ لِلَّذِينَ ظَلَمُواْ ذُوقُواْ عَذَابَ ٱلْخُلْدِ هَلْ تُجْزَوْنَ إِلَّا بِمَا كُنتُمْ تَكْسِبُونَ
Kemudian dikatakan kepada orang-orang yang zalim (musyrik) itu: "Rasakanlah olehmu siksaan yang kekal; kamu tidak diberi balasan melainkan dengan apa yang telah kamu kerjakan". (Q.S. 10.52)
Q.S. Yunus.53
۞ وَيَسْتَنۢبِـُٔونَكَ أَحَقٌّ هُوَ ۖ قُلْ إِى وَرَبِّىٓ إِنَّهُۥ لَحَقٌّ ۖ وَمَآ أَنتُم بِمُعْجِزِينَ
Dan mereka menanyakan kepadamu: "Benarkah (azab yang dijanjikan) itu? Katakanlah: "Ya, demi Tuhanku, sesungguhnya azab itu adalah benar dan kamu sekali-kali tidak bisa luput (daripadanya)". (Q.S. 10.53)
Q.S. An Nahl.111
۞ يَوْمَ تَأْتِى كُلُّ نَفْسٍ تُجَٰدِلُ عَن نَّفْسِهَا وَتُوَفَّىٰ كُلُّ نَفْسٍ مَّا عَمِلَتْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ
(Ingatlah) suatu hari (ketika) tiap-tiap diri datang untuk membela dirinya sendiri dan bagi tiap-tiap diri disempurnakan (balasan) apa yang telah dikerjakannya, sedangkan mereka tidak dianiaya (dirugikan). (Q.S. 16.111)
Q.S. An Naml.89
مَن جَآءَ بِٱلْحَسَنَةِ فَلَهُۥ خَيْرٌ مِّنْهَا وَهُم مِّن فَزَعٍ يَوْمَئِذٍ ءَامِنُونَ
Barangsiapa yang membawa kebaikan, maka ia memperoleh (balasan) yang lebih baik dari padanya, sedang mereka itu adalah orang-orang yang aman tenteram dari pada kejutan yang dahsyat pada hari itu. (Q.S. 27.89)
Q.S. An Naml.90
وَمَن جَآءَ بِٱلسَّيِّئَةِ فَكُبَّتْ وُجُوهُهُمْ فِى ٱلنَّارِ هَلْ تُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ
Dan barang siapa yang membawa kejahatan, maka disungkurkanlah muka mereka ke dalam neraka. Tiadalah kamu dibalasi, melainkan (setimpal) dengan apa yang dahulu kamu kerjakan. (Q.S. 27.90)
Q.S. Ar Ruum.12
وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ يُبْلِسُ ٱلْمُجْرِمُونَ
Dan pada hari terjadinya kiamat, orang-orang yang berdosa terdiam berputus asa. (Q.S. 30.12)
Q.S. Ar Ruum.13
وَلَمْ يَكُن لَّهُم مِّن شُرَكَآئِهِمْ شُفَعَٰٓؤُاْ وَكَانُواْ بِشُرَكَآئِهِمْ كَٰفِرِينَ
Dan sekali-kali tidak ada pemberi syafa´at bagi mereka dari berhala-berhala mereka dan adalah mereka mengingkari berhala mereka itu. (Q.S. 30.13)
Q.S. Ar Ruum.14
وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ يَتَفَرَّقُونَ
Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan. (Q.S. 30.14)
Q.S. Ar Ruum.15
فَأَمَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَهُمْ فِى رَوْضَةٍ يُحْبَرُونَ
Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira. (Q.S. 30.15)
Q.S. Ar Ruum.16
وَأَمَّا ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ وَكَذَّبُواْ بِـَٔايَٰتِنَا وَلِقَآئِ ٱلْءَاخِرَةِ فَأُوْلَٰٓئِكَ فِى ٱلْعَذَابِ مُحْضَرُونَ
Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami (Al Quran) serta (mendustakan) menemui hari akhirat, maka mereka tetap berada di dalam siksaan (neraka). (Q.S. 30.16)
Q.S. Saba'.3
وَقَالَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ لَا تَأْتِينَا ٱلسَّاعَةُ ۖ قُلْ بَلَىٰ وَرَبِّى لَتَأْتِيَنَّكُمْ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ ۖ لَا يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَلَا فِى ٱلْأَرْضِ وَلَآ أَصْغَرُ مِن ذَٰلِكَ وَلَآ أَكْبَرُ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ
Dan orang-orang yang kafir berkata: "Hari berbangkit itu tidak akan datang kepada kami". Katakanlah: "Pasti datang, demi Tuhanku Yang Mengetahui yang ghaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tidak ada tersembunyi daripada-Nya sebesar zarrahpun yang ada di langit dan yang ada di bumi dan tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu dan yang lebih besar, melainkan tersebut dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)", (Q.S. 34.3)
Q.S. Saba'.4
لِّيَجْزِىَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ ۚ أُوْلَٰٓئِكَ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
supaya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Mereka itu adalah orang-orang yang baginya ampunan dan rezeki yang mulia. (Q.S. 34.4)
Q.S. Saba'.5
وَٱلَّذِينَ سَعَوْ فِىٓ ءَايَٰتِنَا مُعَٰجِزِينَ أُوْلَٰٓئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مِّن رِّجْزٍ أَلِيمٌ
Dan orang-orang yang berusaha untuk (menentang) ayat-ayat Kami dengan anggapan mereka dapat melemahkan (menggagalkan azab Kami), mereka itu memperoleh azab, yaitu (jenis) azab yang pedih. (Q.S. 34.5)
Q.S. Az Zumar.71
وَسِيقَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓاْ إِلَىٰ جَهَنَّمَ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءُوهَا فُتِحَتْ أَبْوَٰبُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَآ أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِّنكُمْ يَتْلُونَ عَلَيْكُمْ ءَايَٰتِ رَبِّكُمْ وَيُنذِرُونَكُمْ لِقَآءَ يَوْمِكُمْ هَٰذَا ۚ قَالُواْ بَلَىٰ وَلَٰكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ ٱلْعَذَابِ عَلَى ٱلْكَٰفِرِينَ
Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar (telah datang)". Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir. (Q.S. 39.71)
Q.S. Az Zumar.72
قِيلَ ٱدْخُلُوٓاْ أَبْوَٰبَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَا ۖ فَبِئْسَ مَثْوَى ٱلْمُتَكَبِّرِينَ
Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri. (Q.S. 39.72)
Q.S. Az Zumar.73
وَسِيقَ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْاْ رَبَّهُمْ إِلَى ٱلْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَٰبُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَٱدْخُلُوهَا خَٰلِدِينَ
Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya". (Q.S. 39.73)
Q.S. Az Zumar.74
وَقَالُواْ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى صَدَقَنَا وَعْدَهُۥ وَأَوْرَثَنَا ٱلْأَرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ ٱلْجَنَّةِ حَيْثُ نَشَآءُ ۖ فَنِعْمَ أَجْرُ ٱلْعَٰمِلِينَ
Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal". (Q.S. 39.74)
Q.S. Az Zumar.75
وَتَرَى ٱلْمَلَٰٓئِكَةَ حَآفِّينَ مِنْ حَوْلِ ٱلْعَرْشِ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ ۖ وَقُضِىَ بَيْنَهُم بِٱلْحَقِّ وَقِيلَ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ
Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-mmlaikat berlingkar di sekeliling ´Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam". (Q.S. 39.75)
Q.S. Al Waaqi'ah.11
أُوْلَٰٓئِكَ ٱلْمُقَرَّبُونَ
Mereka itulah yang didekatkan kepada Allah. (Q.S. 56.11)
Q.S. Al Waaqi'ah.12
فِى جَنَّٰتِ ٱلنَّعِيمِ
Berada dalam jannah kenikmatan. (Q.S. 56.12)
Q.S. Al Waaqi'ah.13
ثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْأَوَّلِينَ
Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu, (Q.S. 56.13)
Q.S. Al Waaqi'ah.14
وَقَلِيلٌ مِّنَ ٱلْءَاخِرِينَ
dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian (Q.S. 56.14)
Q.S. Al Waaqi'ah.15
عَلَىٰ سُرُرٍ مَّوْضُونَةٍ
Mereka berada di atas dipan yang bertahta emas dan permata, (Q.S. 56.15)
Q.S. Al Waaqi'ah.16
مُّتَّكِـِٔينَ عَلَيْهَا مُتَقَٰبِلِينَ
seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. (Q.S. 56.16)
Q.S. Al Waaqi'ah.17
يَطُوفُ عَلَيْهِمْ وِلْدَٰنٌ مُّخَلَّدُونَ
Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, (Q.S. 56.17)
Q.S. Al Waaqi'ah.18
بِأَكْوَابٍ وَأَبَارِيقَ وَكَأْسٍ مِّن مَّعِينٍ
dengan membawa gelas, cerek dan minuman yang diambil dari air yang mengalir, (Q.S. 56.18)
Q.S. Al Waaqi'ah.19
لَّا يُصَدَّعُونَ عَنْهَا وَلَا يُنزِفُونَ
mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, (Q.S. 56.19)
Q.S. Al Waaqi'ah.20
وَفَٰكِهَةٍ مِّمَّا يَتَخَيَّرُونَ
dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, (Q.S. 56.20)
Q.S. Al Waaqi'ah.21
وَلَحْمِ طَيْرٍ مِّمَّا يَشْتَهُونَ
dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. (Q.S. 56.21)
Q.S. Al Waaqi'ah.22
وَحُورٌ عِينٌ
Dan ada bidadari-bidadari bermata jeli, (Q.S. 56.22)
Q.S. Al Waaqi'ah.23
كَأَمْثَٰلِ ٱللُّؤْلُؤِ ٱلْمَكْنُونِ
laksana mutiara yang tersimpan baik. (Q.S. 56.23)
Q.S. Al Waaqi'ah.24
جَزَآءًۢ بِمَا كَانُواْ يَعْمَلُونَ
Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. 56.24)
Q.S. Al Waaqi'ah.25
لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا تَأْثِيمًا
Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa, (Q.S. 56.25)
Q.S. Al Waaqi'ah.26
إِلَّا قِيلًا سَلَٰمًا سَلَٰمًا
akan tetapi mereka mendengar ucapan salam. (Q.S. 56.26)
Q.S. Al Waaqi'ah.27
وَأَصْحَٰبُ ٱلْيَمِينِ مَآ أَصْحَٰبُ ٱلْيَمِينِ
Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. (Q.S. 56.27)
Q.S. Al Waaqi'ah.28
فِى سِدْرٍ مَّخْضُودٍ
Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, (Q.S. 56.28)
Q.S. Al Waaqi'ah.29
وَطَلْحٍ مَّنضُودٍ
dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), (Q.S. 56.29)
Q.S. Al Waaqi'ah.30
وَظِلٍّ مَّمْدُودٍ
dan naungan yang terbentang luas, (Q.S. 56.30)
Q.S. Al Waaqi'ah.31
وَمَآءٍ مَّسْكُوبٍ
dan air yang tercurah, (Q.S. 56.31)
Q.S. Al Waaqi'ah.32
وَفَٰكِهَةٍ كَثِيرَةٍ
dan buah-buahan yang banyak, (Q.S. 56.32)
Q.S. Al Waaqi'ah.33
لَّا مَقْطُوعَةٍ وَلَا مَمْنُوعَةٍ
yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya. (Q.S. 56.33)
Q.S. Al Waaqi'ah.34
وَفُرُشٍ مَّرْفُوعَةٍ
dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. (Q.S. 56.34)
Q.S. Al Waaqi'ah.35
إِنَّآ أَنشَأْنَٰهُنَّ إِنشَآءً
Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung (Q.S. 56.35)
Q.S. Al Waaqi'ah.36
فَجَعَلْنَٰهُنَّ أَبْكَارًا
dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. (Q.S. 56.36)
Q.S. Al Waaqi'ah.37
عُرُبًا أَتْرَابًا
penuh cinta lagi sebaya umurnya. (Q.S. 56.37)
Q.S. Al Waaqi'ah.38
لِّأَصْحَٰبِ ٱلْيَمِينِ
(Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (Q.S. 56.38)
Q.S. Al Waaqi'ah.39
ثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْأَوَّلِينَ
(yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu. (Q.S. 56.39)
Q.S. Al Waaqi'ah.40
وَثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْءَاخِرِينَ
dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian. (Q.S. 56.40)
Q.S. Al Waaqi'ah.41
وَأَصْحَٰبُ ٱلشِّمَالِ مَآ أَصْحَٰبُ ٱلشِّمَالِ
Dan golongan kiri, siapakah golongan kiri itu? (Q.S. 56.41)
Q.S. Al Waaqi'ah.42
فِى سَمُومٍ وَحَمِيمٍ
Dalam (siksaan) angin yang amat panas, dan air panas yang mendidih, (Q.S. 56.42)
Q.S. Al Waaqi'ah.43
وَظِلٍّ مِّن يَحْمُومٍ
dan dalam naungan asap yang hitam. (Q.S. 56.43)
Q.S. Al Waaqi'ah.44
لَّا بَارِدٍ وَلَا كَرِيمٍ
Tidak sejuk dan tidak menyenangkan. (Q.S. 56.44)
Q.S. Al Waaqi'ah.45
إِنَّهُمْ كَانُواْ قَبْلَ ذَٰلِكَ مُتْرَفِينَ
Sesungguhnya mereka sebelum itu hidup bermewahan. (Q.S. 56.45)
Q.S. Al Waaqi'ah.46
وَكَانُواْ يُصِرُّونَ عَلَى ٱلْحِنثِ ٱلْعَظِيمِ
Dan mereka terus-menerus mengerjakan dosa besar. (Q.S. 56.46)
Q.S. Al Waaqi'ah.47
وَكَانُواْ يَقُولُونَ أَئِذَا مِتْنَا وَكُنَّا تُرَابًا وَعِظَٰمًا أَءِنَّا لَمَبْعُوثُونَ
Dan mereka selalu mengatakan: "Apakah bila kami mati dan menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kami akan benar-benar dibangkitkan kembali? (Q.S. 56.47)
Q.S. Al Waaqi'ah.48
أَوَءَابَآؤُنَا ٱلْأَوَّلُونَ
apakah bapak-bapak kami yang terdahulu (juga)?" (Q.S. 56.48)
Q.S. Al Waaqi'ah.49
قُلْ إِنَّ ٱلْأَوَّلِينَ وَٱلْءَاخِرِينَ
Katakanlah: "Sesungguhnya orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terkemudian, (Q.S. 56.49)
Q.S. Al Waaqi'ah.50
لَمَجْمُوعُونَ إِلَىٰ مِيقَٰتِ يَوْمٍ مَّعْلُومٍ
benar-benar akan dikumpulkan di waktu tertentu pada hari yang dikenal. (Q.S. 56.50)
Q.S. Al Waaqi'ah.51
ثُمَّ إِنَّكُمْ أَيُّهَا ٱلضَّآلُّونَ ٱلْمُكَذِّبُونَ
Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, (Q.S. 56.51)
Q.S. Al Waaqi'ah.52
لَءَاكِلُونَ مِن شَجَرٍ مِّن زَقُّومٍ
benar-benar akan memakan pohon zaqqum, (Q.S. 56.52)
Q.S. Al Waaqi'ah.53
فَمَالِـُٔونَ مِنْهَا ٱلْبُطُونَ
dan akan memenuhi perutmu dengannya. (Q.S. 56.53)
Q.S. Al Waaqi'ah.54
فَشَٰرِبُونَ عَلَيْهِ مِنَ ٱلْحَمِيمِ
Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas. (Q.S. 56.54)
Q.S. Al Waaqi'ah.55
فَشَٰرِبُونَ شُرْبَ ٱلْهِيمِ
Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. (Q.S. 56.55)
Q.S. Al Waaqi'ah.56
هَٰذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ ٱلدِّينِ
Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan". (Q.S. 56.56)
Q.S. Al Waaqi'ah.57
نَحْنُ خَلَقْنَٰكُمْ فَلَوْلَا تُصَدِّقُونَ
Kami telah menciptakan kamu, maka mengapa kamu tidak membenarkan? (Q.S. 56.57)
Q.S. Al Waaqi'ah.58
أَفَرَءَيْتُم مَّا تُمْنُونَ
Maka terangkanlah kepadaku tentang nutfah yang kamu pancarkan. (Q.S. 56.58)
Q.S. Al Waaqi'ah.59
ءَأَنتُمْ تَخْلُقُونَهُۥٓ أَمْ نَحْنُ ٱلْخَٰلِقُونَ
Kamukah yang menciptakannya, atau Kamikah yang menciptakannya? (Q.S. 56.59)
Q.S. Al Waaqi'ah.60
نَحْنُ قَدَّرْنَا بَيْنَكُمُ ٱلْمَوْتَ وَمَا نَحْنُ بِمَسْبُوقِينَ
Kami telah menentukan kematian di antara kamu dan Kami sekali-sekali tidak akan dapat dikalahkan, (Q.S. 56.60)
Q.S. Al Waaqi'ah.61
عَلَىٰٓ أَن نُّبَدِّلَ أَمْثَٰلَكُمْ وَنُنشِئَكُمْ فِى مَا لَا تَعْلَمُونَ
untuk menggantikan kamu dengan orang-orang yang seperti kamu (dalam dunia) dan menciptakan kamu kelak (di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui. (Q.S. 56.61)
Q.S. Al Waaqi'ah.62
وَلَقَدْ عَلِمْتُمُ ٱلنَّشْأَةَ ٱلْأُولَىٰ فَلَوْلَا تَذَكَّرُونَ
Dan Sesungguhnya kamu telah mengetahui penciptaan yang pertama, maka mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran (untuk penciptaan yang kedua)? (Q.S. 56.62)
Q.S. Al Waaqi'ah.63
أَفَرَءَيْتُم مَّا تَحْرُثُونَ
Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam. (Q.S. 56.63)
Q.S. Al Waaqi'ah.64
ءَأَنتُمْ تَزْرَعُونَهُۥٓ أَمْ نَحْنُ ٱلزَّٰرِعُونَ
Kamukah yang menumbuhkannya atau Kamikah yang menumbuhkannya? (Q.S. 56.64)
Q.S. Al Waaqi'ah.65
لَوْ نَشَآءُ لَجَعَلْنَٰهُ حُطَٰمًا فَظَلْتُمْ تَفَكَّهُونَ
Kalau Kami kehendaki, benar-benar Kami jadikan dia hancur dan kering, maka jadilah kamu heran dan tercengang. (Q.S. 56.65)
Q.S. Al Waaqi'ah.66
إِنَّا لَمُغْرَمُونَ
(Sambil berkata): "Sesungguhnya kami benar-benar menderita kerugian", (Q.S. 56.66)
Q.S. Al Waaqi'ah.67
بَلْ نَحْنُ مَحْرُومُونَ
bahkan kami menjadi orang-orang yang tidak mendapat hasil apa-apa. (Q.S. 56.67)
Q.S. Al Waaqi'ah.68
أَفَرَءَيْتُمُ ٱلْمَآءَ ٱلَّذِى تَشْرَبُونَ
Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum. (Q.S. 56.68)
Q.S. Al Waaqi'ah.69
ءَأَنتُمْ أَنزَلْتُمُوهُ مِنَ ٱلْمُزْنِ أَمْ نَحْنُ ٱلْمُنزِلُونَ
Kamukah yang menurunkannya atau Kamikah yang menurunkannya? (Q.S. 56.69)
Q.S. Al Waaqi'ah.70
لَوْ نَشَآءُ جَعَلْنَٰهُ أُجَاجًا فَلَوْلَا تَشْكُرُونَ
Kalau Kami kehendaki, niscaya Kami jadikan dia asin, maka mengapakah kamu tidak bersyukur? (Q.S. 56.70)
Q.S. Al Waaqi'ah.71
أَفَرَءَيْتُمُ ٱلنَّارَ ٱلَّتِى تُورُونَ
Maka terangkanlah kepadaku tentang api yang kamu nyalakan (dengan menggosok-gosokkan kayu). (Q.S. 56.71)
Q.S. Al Waaqi'ah.72
ءَأَنتُمْ أَنشَأْتُمْ شَجَرَتَهَآ أَمْ نَحْنُ ٱلْمُنشِـُٔونَ
Kamukah yang menjadikan kayu itu atau Kamikah yang menjadikannya? (Q.S. 56.72)
Q.S. Al Waaqi'ah.73
نَحْنُ جَعَلْنَٰهَا تَذْكِرَةً وَمَتَٰعًا لِّلْمُقْوِينَ
Kami jadikan api itu untuk peringatan dan bahan yang berguna bagi musafir di padang pasir. (Q.S. 56.73)
Q.S. Al Waaqi'ah.74
فَسَبِّحْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلْعَظِيمِ
Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar. (Q.S. 56.74)
Q.S. An Naazi'at.34
فَإِذَا جَآءَتِ ٱلطَّآمَّةُ ٱلْكُبْرَىٰ
Maka apabila malapetaka yang sangat besar (hari kiamat) telah datang. (Q.S. 79.34)
Q.S. An Naazi'at.35
يَوْمَ يَتَذَكَّرُ ٱلْإِنسَٰنُ مَا سَعَىٰ
Pada hari (ketika) manusia teringat akan apa yang telah dikerjakannya, (Q.S. 79.35)
Q.S. An Naazi'at.36
وَبُرِّزَتِ ٱلْجَحِيمُ لِمَن يَرَىٰ
dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat. (Q.S. 79.36)
Q.S. An Naazi'at.37
فَأَمَّا مَن طَغَىٰ
Adapun orang yang melampaui batas, (Q.S. 79.37)
Q.S. An Naazi'at.38
وَءَاثَرَ ٱلْحَيَوٰةَ ٱلدُّنْيَا
dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, (Q.S. 79.38)
Q.S. An Naazi'at.39
فَإِنَّ ٱلْجَحِيمَ هِىَ ٱلْمَأْوَىٰ
maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). (Q.S. 79.39)
Q.S. An Naazi'at.40
وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ وَنَهَى ٱلنَّفْسَ عَنِ ٱلْهَوَىٰ
Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, (Q.S. 79.40)
Q.S. An Naazi'at.41
فَإِنَّ ٱلْجَنَّةَ هِىَ ٱلْمَأْوَىٰ
maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (Q.S. 79.41)
Q.S. Az Zalzalah.1
إِذَا زُلْزِلَتِ ٱلْأَرْضُ زِلْزَالَهَا
Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), (Q.S. 99.1)
Q.S. Az Zalzalah.2
وَأَخْرَجَتِ ٱلْأَرْضُ أَثْقَالَهَا
dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, (Q.S. 99.2)
Q.S. Az Zalzalah.3
وَقَالَ ٱلْإِنسَٰنُ مَا لَهَا
dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?", (Q.S. 99.3)
Q.S. Az Zalzalah.4
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا
pada hari itu bumi menceritakan beritanya, (Q.S. 99.4)
Q.S. Az Zalzalah.5
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا
karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. (Q.S. 99.5)
Q.S. Az Zalzalah.6
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ ٱلنَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْاْ أَعْمَٰلَهُمْ
Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, (Q.S. 99.6)
Q.S. Az Zalzalah.7
فَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُۥ
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (Q.S. 99.7)
Q.S. Az Zalzalah.8
وَمَن يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُۥ
Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Q.S. 99.8)