Referensi - Ilmu Hadits Untuk Pemula

Hadis Hasan Lighairihi

Definisi

الضَّعِيْفُ الْمُحْتَمَلُ الضُّعْفُ إِذَا تَعَدَّدَتْ طُرُقُهُ

Hadis dla’if yang ringan kedla’ifannya, apabila jalannya banyak

Ada pula yang mendefinisikan dengan;

مَا كَانَ ضَعْفُهُ مُحْتَمَلاً فَعَضَدَهُ مِثْلُهُ أَوْ أَقْوَى مِنْهُ

Apabila kedla’ifannya ringan, lalu dikuatkan dengan hadis yang serupa atau yang lebih kuat darinya

Penjelasan Definisi

Hadis dla’if yang ringan kedla’ifannya; yaitu hadis yang datang dengan sanad yang kedla’ifannya ringan, tidak berat.

Apabila jalannya banyak; dengan adanya satu mutabi’ atau lebih yang semisal atau lebih kuat lagi.

Contoh; Hadis yang dikeluarkan oleh alBazar di dalam kitab Musnad, sebagaimana disebutkan di dalam kitab Majma’ azZawaid (10/166), Ibnu Syahin di dalam Fadla’il Syahr Ramdlan (h.7), Abdul Ghina alMaqdisy di dalam kitab Fadlail Ramadhan (h.12) dengan jalan dari;

سَلَمَة بْنُ وَرْدَانٍ ٬ عَنْ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ ٬ قَا لَ: رَقَى رَسُوْلُ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمِنْبَرَ ٬ فَارْتَقَى دَرَجَةً ثُمَّ قَال : آمِيْنٌ ٬ ثُمَّ ار تَقَى دَرَجَةً أُخْرَى ٬ ثُمَّ قَال : آمِيْنٌ ٬ … الْحَدِيْثُ فِي فَضَائِلِ رَمَضَانَ

Salamah bin Wardan, dari Anas bin Malik, ia berkata; Rasulullah saw naik ke mimbar, beliau naik satu tangga kemudian mengucap, “Amin”, kemudian naik satu tangga lagi dan mengucap “Amin”…… Hadis tentang keutamaan Ramadlan.

Salamah bin Wardan adalah rijal yang dla’if, dalam hal hafalan, dia meriwayatkan beberapa hadis dari Anas bin Malik yang tidak sama dengan hadis yang diriwayatkan oleh rijal yang siqah, hanya saja kedla’ifannya ringan, tidak berat.

Hadis ini diikuti oleh Tsabit alBanani, yang juga meriwayatkan dari Anas bin Malik. Dikeluarkan oleh Ibnu Syahin (h.4). Tetapi dalam riwayat inipun terdapat kedla’ifan yang ringan juga. Di dalam sanad kepada Tsabit ada Mu’ammal bin Isma’il, yang hafalannya juga lemah.

Dengan bergabungnya dua jalan ini, hadis tersebut menjadi hasan.

-